RENCANA PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : FISIKA
Kelas / semester : XII/2
Materi pokok : Radiasi benda hitam
Metode : Diskusi/ Demontrasi
Pendekatan : Ketrampilan proses
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar kompetensi :
3. menganalisa berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlaku relativitas Einstien dalam paradigma fisika modern
Kompetensi dasar :
3.1 Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mnecakup hakikat dan sifat –sifat radiasi benda hitam serta penerapannya
Indikator :
- Mendiskripsikan data radiasi benda hitam dalam diskusi kelas
- Mendiskripsikan hipotesais Planck tentang kuantum cahaya
- Menerapkan perilaku radiasi benda hitam untuk menjelaskan gejala pemanasan global( misalnya pada efek rumah kaca)
Materi pembelajaran : Radiasi Benda Hitam dan Dualisme partikel gelaombang cahaya
Kegiatan pembelajaran :
- Menfsirkan data benda hitam dalam diskusi kelas
- Merumuskan radiasi benda hitam (termasuk pergeseran Wien ), postulat Planck and dualisme gelombang partikel cahaya dalam diskusi kelas
- Memaparkan hasil kajian literatur tentang perilaku radiasi benda hitam yang berkaitandengan gejala pemanasan global
Media pempelajaran :
- Sumber Buku : Fisika yang relevan
- Bahan : lembara kerja
- Alat : media presentasi
Skenario pembelajaran
- Pendahuluan
Motivasi dan prasyarat
Jika suatu benda berwarna putih kena cahaya benda tersebut akan …..
Jika suatu benda berwarna hitam kena cahaya benda tersebut akan …..
- Kegiatan inti
Diskusi informasi tentang energi radiasi
Diskusi tentang pergeseran Wien hubungan panjang gelombang dengan suhu
- Penutup
Memberi soal latihan
Memberi tugas kurikuler
Penilaian :
- Jenis tagihan : tugas Individu dan kelompok
- Bentuk instrumen: uraian bebas
wawo, 01 Juni 2007
Mengetahui
Kepala SMAN 1 wawo Guru Mata Pelajaran
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : FISIKA
Kelas / semester : XII/2
Materi pokok : Teori Atom
Metode : Diskusi/ Demontrasi
Pendekatan : Ketrampilan proses
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar kompetensi :
3. menganalisa berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlaku relativitas Einstien dalam paradigma fisika modern
Kompetensi dasar :
3.2 mendeskripsikan perkembangan teori atom
Indikator :
- Mendiskripsikan karakteristik teori atom Thomson, Rutherford, Niel Bohr, dan mekanika kuantum
- Menghitung perubahan energi elektron yang mengalami eksitasi
- Menghitung panjang gelombang terbesar dan terkecil pada deret Lymen, Balmer, dan Pashen pada spektrum atom hidrogen
Materi pembelajaran : Teori Atom Thomson, Rutherford, Niel Bohr, dan mekanika kuantum
Kegiatan pembelajaran :
- Membuat dan menjelaskan model teori atom Thomson, Rutherford, Niel Bohr, berdasarkan kajian literatur secara kelmpok
- Mendiskusikan perumusan kuantitas energi, momentum,perubahan energi dan panjang gelombang foton pada elektron menurut toeri atom Bohr
- Mendiskusikan pemecahan masalah energi , momentum, panjang gelombang/ frekuensi foton dalam berbagai pemecahan
Media pempelajaran :
- Sumber Buku : Fisika yang relevan
- Bahan : lembara kerja
- Alat : media presentasi
Skenario pembelajaran
- Pendahuluan
Motivasi dan prasyarat
Menerima informasi tentang pengertian atom dan model atom
Menerima informasi tentang kelemahan model atom Bohr
- Kegiatan inti
Diskusi informasi tentang atom dan model atom
Diskusi tentang bilang kuantum dan asas pauli
- Penutup
Memberi soal latihan
Memberi tugas kurikuler
Penilaian hasil produk :
- Jenis tagihan : tugas Individu dan kelompok
- Bentuk instrumen : uraian bebas
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Wawo Guru Mata Pelajaran
................................
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : FISIKA
Kelas / semester : XII/2
Materi pokok : Teori Relativitas Einstien
Metode : Diskusi/ Demontrasi
Pendekatan : Ketrampilan proses
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar kompetensi :
3. menganalisa berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlaku relativitas Einstien dalam paradigma fisika modern
Kompetensi dasar :
3.3. memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu ,panjang dan massa serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknilogi
Indikator :
- Memformulasikan relativitas khusus untuk massa, panjang, dan waktu
- Menganalisa relativitas panjang, waktu, massa, momentum, dan perubahan energi dalam diskusi kelas
- Mendiskripsikan penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir
Materi pembelajaran : Relativitas waktu, panjang , dan massa kesetaraan massa dan energi
Kegiatan pembelajaran :
- Mendefinisikan relativitas dalam berbagai masalah melalui kegiatan tanya jawab di kelas
- Merumuskan relativitas panjang, aktu, massa, momentum, dan perubahan energi dalam diskusi kelas
- Mendiskusikan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir
Media pempelajaran :
- Sumber Buku : Fisika yang relevan
- Bahan : lembar kerja
- Alat : media presentasi
Skenario pembelajaran
- Pendahuluan
Motivasi dan prasyarat
Menerima informasi tentang selisih massa inti dengan jumlahmassa proton dalam pembentukan inti dan energi ikat inti
Menerima informasi tentang gaya tarik inti
- Kegiatan inti
Diskusi informasi tentang pancaran sinar alfa, beta, dan gamma
Diskusi tentang reaksi inti , pembelahan inti, dan reaksi berantai
- Penutup
Memberi soal latihan
Memberi tugas kurikuler
Penilaian hasil produk :
- Jenis tagihan : tugas Individu dan kelompok
- Bentuk instrumen : uraian bebas
Wawo, 01 Juni 2007
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Wawo Guru Mata Pelajaran
................................
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : FISIKA
Kelas / semester : XII/2
Materi pokok : Inti Atom dan Radioaktifitas
Metode : Diskusi/ Demontrasi
Pendekatan : Ketrampilan proses
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar kompetensi :
4. menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
Kompetensi dasar :
4.1. mengidentifikasi karakteritik inti atom dan radoiativitas
Indikator :
- Mendiskripsikan karakteristik inti atom
- Mendiskripsikan karakteristik radioaktivitas
- Mendiskripsikan prinsip kesetaraan massa dan energi pada konsep energi ikat inti
Materi pembelajaran : inti atom dan radioaktivitas
· Konsep nuklida dan energi ikat inti
· Kestabilan inti dan peluruhan
· Aktifitas radiasi
· Waktu paro
· Energi reaksi fusi dan fisi
Kegiatan pembelajaran :
- Membuat dan menjelaskan model nuklida dengan berbagai cara secara kelompok
- Mendiskusiakn karakteriatik inti atom dan kestabilan inti
- Mendiskusikan karakteristik radioaktivitas
- Menghitung energi ikat inti,energi reksi, waktu paroh dan lain-lain dalam berbagai pemecahan masalah
Media pempelajaran :
- Sumber Buku : Fisika yang relevan
- Bahan : lembar kerja
- Alat : media presentasi
Skenario pembelajaran
- Pendahuluan
Motivasi dan prasyarat
Menerima informasi tentang selisih massa inti dengan jumlahmassa proton dalam pembentukan inti dan energi ikat inti
Menerima informasi tentang gaya tarik inti
- Kegiatan inti
Diskusi informasi tentang pancaran sinar alfa, beta, dan gamma
Diskusi tentang reaksi inti , pembelahan inti, dan reaksi berantai
- Penutup
Memberi soal latihan
Memberi tugas kurikuler
Penilaian hasil produk :
- Jenis tagihan : tugas Individu dan kelompok
- Bentuk instrumen : uraian bebas
Wawo, 01 Juni 2007
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Wawo Guru Mata Pelajaran
................................
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : FISIKA
Kelas / semester : XII/2
Materi pokok : Manfaat dan bahaya isotop radioaktif
Metode : Diskusi/ Demontrasi
Pendekatan : Ketrampilan proses
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar kompetensi :
4. menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
Kompetensi dasar :
4.2. mendeskripsikan pemanfaatan radioaktif dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
Indikator :
- Mendiskripsikan karakteristik radioisotop
- Mendiskripsikan pamanfaatan dalam bidang kesehatan industri, dan pertanian
- Mendiskripsikan prinsip kesetaraan massa dan energi pada konsep energi ikat inti
Materi pembelajaran : inti atom dan radioaktivitas
· Konsep nuklida dan energi ikat inti
· Kestabilan inti dan peluruhan
· Aktifitas radiasi
· Waktu paro
· Energi reaksi fusi dan fisi
Kegiatan pembelajaran :
- Membuat dan menjelaskan model nuklida dengan berbagai cara secara kelompok
- Mendiskusiakn karakteriatik inti atom dan kestabilan inti
- Mendiskusikan karakteristik radioaktivitas
- Menghitung energi ikat inti,energi reksi, waktu paroh dan lain-lain dalam berbagai pemecahan masalah
Media pempelajaran :
- Sumber Buku : Fisika yang relevan
- Bahan : lembar kerja
- Alat : media presentasi
Skenario pembelajaran
- Pendahuluan
Motivasi dan prasyarat
Menerima informasi tentang selisih massa inti dengan jumlahmassa proton dalam pembentukan inti dan energi ikat inti
Menerima informasi tentang gaya tarik inti
- Kegiatan inti
Diskusi informasi tentang pancaran sinar alfa, beta, dan gamma
Diskusi tentang reaksi inti , pembelahan inti, dan reaksi berantai
- Penutup
Memberi soal latihan
Memberi tugas kurikuler
Penilaian hasil produk :
- Jenis tagihan : tugas Individu dan kelompok
- Bentuk instrumen : uraian bebas
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Wawo Guru Mata Pelajaran