silabus fisika sma kelas XII

SILABUS
Nama sekolah                     : SMAN 1 Wawo
Mata Pelajaran                    : Fisika
Kelas/Semester                   : XII/1
Standar Kompetensi           : 1. Menerapkan  konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat
1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum

Gejala dan Ciri-ciri Gelombang

·      Mendemonstrasikan gelombang transversal dan longitudinal
·      Mengkaji literatur untuk membedakan karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik
·      Menemutunjukkan sifat-sifat umum gelombang (pemantulan/pembiasan, superposisi, interferensi, dispersi, difraksi, danpolarisasi) melalui percobaan
·      Merumuskan persamaan gelombang (simpangan, kecepatan, fase, dan energi) melalui diskusi kelas
·      Melakukan percobaan Melde

·         Mengidentifikasi karakteristik gelombang transfersal dan longitudinal
·         Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik
·         Menyelidiki sifat-sifat gelombang (pemantulan/pembiasan, superposisi, interferensi, dispersi, difraksi, danpolarisasi) serta penerapnnya dalam kehidupan sehari-hari
·         Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner
·         Menunjukan Ayat Al Qur'an  : Thaahaaa 114, Al Anfal 2, Ar Ruum 46, Yunus 22, Yasin 49

Penilaian kinerja (sikap dan praktik), test tertulis
8 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: slingki, katrol, beban gantung, penggetar, power suply, tangki riak, media presentasi
1.2 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya

Gelombang Bunyi
Gelombang cahaya

·      Melakukan percobaan/ pengamatan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi (misalnya, resonansi, interferensi, dan efek Doppler)
·      Melakukan percobaan gejala dan ciri gelombang cahaya (misalnya: interferensi, difraksi, dan lain-lain)
·      Mendiskusikan gejala dan ciri gelombang bunyi ( termasuk nada dan taraf intensitas) dan cahaya berdasarkan kajian literature
·      Mendiskusikan pemecahan masalah bunyi dan cahaya (interferensi, difraksi, polarisasi, efek dopler, taraf intensitas) secara klasikal
·         Mendeskripsikan gejala dan ciri-iri gelombang bunyi
·         Menerapkan asas Dopller untuk gelombang bunyi
·         Mendeskripsikan gejala dan ciri gelombang cahaya
·         Menunjukan Ayat Al Qur'an : Yasin 49, Al Mu'min 1-9, An Nur 35, Al Fathir 27

Penilaian kinerja (sikap dan praktik), test tertulis
10 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: prisma, cermin, kisi, polarisator, sumber cahaya,  sonometer, pipa organa, media presentasi
1.3 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
Manfaat Gelombang Bunyi (ultrasonic, infrasonic)
Gelombang Cahaya (warna cahaya, penerapan interferensi dan difraksi cahaya dalam teknologgi fotocopy dan lain-lain)
·      Melakukan kajian literatur pemanfaatan bunyi dan gelombang cahaya dalam kehidupan secara individu melalui berbagai sumber
·      Memaparkan pemanfaatan bunyi dalam teknologi melalui kajian literature (misalnya pada NDT/USG)
·      Memaparkan pemanfaatan cahaya dalam teknologi (misalnya pada teknologi photocopy, CD, OHP dan Scan)
·      Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dalam teknologi
·      Menerapkan konsep dan prinsip gelombang cahaya dalam teknologi
Penilaian kinerja (sikap dan praktik), test tertulis
4 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat:  media presentasi


SILABUS
Nama sekolah                     : SMAN 1 Wawo
Mata Pelajaran                    : Fisika
Kelas/Semester                   : XII/1
Standar Kompetensi           : 2. Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat
2.1 Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar

Listrik Statis
·      Gaya elektrostatik
·      Medan listrik dan hukum Gauss
·      Potensial dan energi potensial listrik
·      Kapasitor keping sejajar
·      Rangkaian kapasitor
·      Mengidentifikasi karakteristik gaya elektrostatik dan medan listrik melalui peragaan secara klasikal
·      Merumuskan gaya Coulomb, medan listrik, potensial listrik, dan hukum kekekalan energi mekanik dalam medan listrik, serta kapasitor melalui diskusi kelas
·      Menghitung gaya Coulomb, medan listrik, potensial dan energi potensial, kapasitor rangkaian, serta energi kapasitor dalam diskusi pemecahan masalah
·         Mendeskripsikan gaya elektrostatik (hukum Coulomb) pada muatan titik
·         Mengaplikasikan hukum Coulomb dan Gauss untk mencari medan listrik bagi distribusi muatan kontinu
·         Memformulasikan energi potensial listrik dan kaitannya dengan gaya/medan listrik dan potensial listrik
·         Memformulasikan prinsip kerja kapasitor keping sejajar
·         Menunjukan Ayat Al Qur'an : Al Baqarah 19,164, Yasin 36, Ar Rad 12
Penugasan, test tertulis
16 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat:  media presentasi
2.2     Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi

Induksi Magnetik
·      Percobaan Oersted
·      Hukum Ampere
·      Medan magnet sekitar kawat berarus (lurus, melingkar, solenoida)
·      Gaya magnetik (gaya Lorentz)
·      Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karakteristik medan magnet di sekitar kawat berarus dan gaya magnetik
·      Memformulasikan kuat medan magnetik dan gaya magnetik pada berbagai keadaan (alat) dalam diskusi kelas
·      Merancang dan membuat motor listrik sederhana secara berkelompok
·         Mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat berarus
·         Mendeskripsikan gaya magnetik pada kawat berarus dan muatan bergerak
·         Menerapkan prinsip  induksi magnetik dan gaya magnetik dalam teknologi seperti pada bel listrik atau motor listrik
·         Menunjukan Ayat Al Qur'an : Al Israa 79, Ali Imran 136
Penilaian kinerja (sikap dan praktik), hasil karya (produk), test tertulis
12 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: ,  power supy, kawat/kabel, magnet batang/ magnet U, amperemeter, kit listrik, media presentasi
2.3     Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya

Induksi Elektromagnetik dan Arus Bolak-Balik
·      Induksi Faraday dan hukum Lenz
·      Ggl dan arus induksi
·      Generator dan transformator
·      Arus dan tegangan bolak-balik
·      Rangkaian RLC dan prinsip resonansi
·      Mendemonstrasikan  karakteristik induksi elektromagnetik dan pengukuran arus bolak-balik
·      Mendiskusikan formulasi induksi Faraday dalam berbagai keadaan dan karakteristik pengukuran serta parameter arus bolak balik pada rangkaian RLC
·      Menghitung ggl dan arus induksi dalam berbagai keadaan serta  parameter arus bolak-balik dalam berbagai  pemecahan masalah

·      Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik
·      Menerapkan konsep induksi elektromagnetik pada teknologi (misalnya generator dan transformator)
·      Memformulasikan konsep arus induksi dan ggl induksi
·      Memformulasikan konsep arus dan tegangan bolak-balik
·      Menunjukan Ayat Al Qur'an : Al Baqarah 168,169, Al A'rof 31, Al Baqarah 261
Penilaian kinerja (sikap dan praktik), hasil karya (produk), test tertulis
14 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: ,  power supy, kawat/kabel, magnet batang/ magnet U, amperemeter, osiloskop, kumparan, transformator, media presentasi




SILABUS

Nama sekolah               : SMAN 1 Wawo
Mata Pelajaran              : Fisika
Kelas/Semester             : XII/2
Standar Kompetensi       : Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat
3.1 Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya

Radiasi benda hitam dan dualisme partikel-gelomang cahaya
·      Menafsirkan data radiasi benda hitam dalam diskusi kelas
·      Merumuskan radiasi benda hitam (termasuk hukum pergeseran Wien), postulat Planck dan dualisme gelombang partikel cahaya dalam diskusi kelas
·      Memaparkan hasil kajian literatur tentang perilaku radiasi benda hitam yang berkaitan dengan gejala pemanasan global
·         Mendeskripsikan fenomena radiasi benda hitam
·         Mendeskripsikan hipotesis Planck tentang kuantum cahaya
·         Menerapkan perilaku radiasi benda hitam untuk menjelaskan gejala pemanasan global (misalnya pada efek rumah kaca)
·         Menunjukan Ayat Al Qur'an : Al Fath 23, Al Baqarah 201, Yunus 57, An Nisaa 40

Penugasan, test tertulis
8 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: ,  media presentasi
3.2 Mendeskripsikan perkembangan teori atom

Teori atom Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan Mekanika Kuantum
·      Membuat dan menjelaskan model atom Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr berdasarkan kajian literatur secara berkelompok
·      Mendiskusikan perumusan kuantitas energi, momentum, perubahan energi dan panjang gelombang foton pada elektron menurut teori atom Bohr
·      Mendiskusikan pemecahan masalah energi, momentum, panjang gelombang/frekuensi foton dalam berbagai pemecahan masalah
·         Mendeskripsikan karakteristik teori atom Thomson, Rutherford, Niels Bohr, dan mekanika kuantum
·         Menghitung perubahan energi elektron yang mengalami eksitasi
·         Menghitung panjang gelombang terbesar dan terkecil pada deret Lyman, Balmer, dan Paschen pada spectrum atom hidrogen
·         Menunjukan Ayat Al Qur'an : At Taubah 122, Al Fath 23, At Taubah 33
Penilaian hasil karya (produk), penugasan, test tertulis
8 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: ,  media presentasi
3.3 Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan  massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi

Relativitas waktu, panjang, dan  massa serta kesetaraan massa dan energi
·      Mendefinisikan relativitas dalam berbagai masalah melalui kegiatan  tanya jawab di kelas
·      Merumuskan relativitas panjang, massa, waktu, momentum dan energi dalam diskusi kelas
·      Mendiskusikan kesetaraan masa dan energi pada teknologi nuklir

·         Memformulasikan relativitas khusus untuk massa, panjang dan waktu
·         Menganalisis relativitas panjang, waktu, massa, energi, dan momentum
·         Mendeskripsikan penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir
·         Menunjukan Ayat Al Qur'an : Thaahaa 110, Al Fathihah 4, Al Ma'arij 4, As Sajadah 5, Ali Imran 140, Al Baqarah 184, Al Qomar 50, An Nahl 72, Ar Rahman 29, Al Hajj 47, Ali Imran 197, Al Mu'min 55, Al Baqarah 216, Al An'am 31
Penugasan, test tertulis

10 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat:  media presentasi



SILABUS

Nama sekolah              : SMAN 1 Wawo
Mata Pelajaran             : Fisika
Kelas/Semester             : XII/2
Standar Kompetensi       : Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat
4.1     Mengidentifikasi  karakteristik inti atom dan radioaktivitas 

Inti atom dan Radioaktivitas
·      Konsep nuklida dan energi ikat inti
·      Kesatabilan inti dan peluruhan
·      Aktifitas radiasi
·      Waktu paro
·      Energi reaksi fusi dan fisi
·      Membuat dan menjelaskan model nuklida dengan berbagai cara secara berkelompok
·      Mendiskusikan karakteristik inti atom dan kestabilan inti atom,
·      Mendiskusikan karakteristik radioaktivitas
·      Menghitung energi ikat inti, energi reaksi, waktu paroh dan lain-lain dalam berbagai pemecahan masalah
·         Mendeskripsikan karakteristik inti atom
·         Mendeskripsikan karakteristik radioaktivitas
·         Mendeskripsikan prinsip kesetaraan massa dan energi pada konsep energi ikat inti
·         Menunjukan Ayat Al Qur'an : Al Furqon 2

Penugasan, test tertulis

8 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat:  media presentasi

4.2     Mendeskripsikan pemanfaatan radioaktif dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari

Manfaat dan bahaya  isotop radioaktif dalam bidang:
·      Kesehatan dan kedokteran
·      Pertanian
·      Industri, dan lain-lain
·      Melakukan kajian literatur pemanfaatan radioisotop dalam kehidupan (bidang kesehatan, pertanian, pertambangan, dan lain-lain), bahayanya yang diakibatkan, serta cara untuk mengurangi resiko.
·      Mendiskusikan skema reaktor atom dan manfaatnya
·      Menghitung umur fosil/batuan dalam pemecahan masalah dengan menggunakan prinsip waktu paroh
·         Mendeskripsikan karakteristik radioisotop
·         Mendeskripsikan pemanfaatan dalam bidang kesehatan, industri, dan pertanian
·         Mendeskripsikan skema reaktor nuklir dan manfaatnya
·         Mendeskripsikan penghitungan umur fosil atau batuan dengan menggunakan prinsip waktu paro
·         Menjelaskan bahaya radioisotop dan cara mengurangi resikonya
·         Menunjukan Ayat Al Qur'an : Ali Imran 191, Yunus 6

Penugasan, test tertulis

6 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat:  media presentasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar